Info Sekolah
Selasa, 25 Jun 2024
  • Sekolah Berbasis Pesantren dengan Pendidikan 24 Jam, dibawah naungan Pesantren Modern alAmanah Junwangi
  • Sekolah Berbasis Pesantren dengan Pendidikan 24 Jam, dibawah naungan Pesantren Modern alAmanah Junwangi

MGMPS: Wadah Guru SMP Bilingual Terpadu dan SMP Bilingual Terpadu 2 Belajar dan Berinovasi

Terbit : Sabtu, 9 Desember 2023 - Kategori : Kegiatan Sekolah

Sebagai guru pembelajar, peran guru tidak hanya sebatas pembelajaran di kelas, tetapi juga berperan dalam upaya pengembangan diri untuk menciptakan inovasi pembelajaran. Oleh karena itu, guru tidak boleh berpuas diri terhadap kemampuan yang sudah dimiliki dan guru harus terus mengasah diri dalam mengembangkan pengetahuannya. Guru yang aktif dalam pengembangan diri dan inovasi cenderung memiliki rasa percaya diri yang lebih besar dalam mengajar. Dengan terus belajar dan aktif mengembangkan keilmuannya, guru dapat memperkuat profesionalisme mereka dan meningkatkan kualitas proses pembelajaran yang dilakukan. Salah satu wadah bagi guru untuk terus belajar, mengasah diri, dan berinovasi adalah kegiatan MGMP.

MGMP atau Musyawarah Guru Mata Pelajaran, merupakan salah satu bentuk kerja sama antarguru yang bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan. Kegiatan MGMP yang ada di sekolah (MGMPS) menjadi sebuah wadah yang sangat penting dalam pengembangan dan penyempurnaan pembelajaran yang dapat melahirkan inovasi-inovasi dalam pembelajaran.

Kegiatan MGMPS yang ada di SMP Bilingual Terpadu dan SMP Bilingual Terpadu 2 dilaksanakan setiap bulan. Di bulan November ini, kegiatan MGMPS dilaksanakan pada hari Sabtu, 4/11, dengan topik “Refleksi Hasil Supervisi Pembelajaran”. Pada kegiatan ini guru dibagi menjadi beberapa kelompok. Setiap kelompok mengamati video pembelajaran hasil supervisi dari salah satu guru ‘model’ yang ditunjuk kelompok, kemudian didiskusikan bersama-sama. Model pembelajaran dan media yang digunakan menjadi topik diskusi, apa yang sudah baik dari proses pembelajaran yang ditampilkan video guru model bisa dicontoh dan diadaptasi oleh guru lain dan apa yang masih dianggap kurang dapat menjadi catatan guru model untuk perbaikan pembelajaran berikutnya. Dengan kegiatan seperti ini diharapkan motivasi dan semangat guru untuk terus belajar dan berinovasi semakin tumbuh sehingga mampu mencetak lulusan yang berkualitas. DNK.

SMP Bilingual Terpadu