Info Sekolah
Kamis, 25 Apr 2024
  • Selamat Datang di Website SMP BILINGUAL TERPADU - Live Life in a Spiritual Environment. Pesantren Modern al Amanah Junwangi

MANGGIS, BUAH YANG EKSTRAKNYA JADI KABAR GEMBIRA

Diterbitkan : - Kategori : Artikel Bebas

Menurut Wikipedia

Manggis (Garcinia mangostana L.) adalah sejenis pohon hijau abadi dari daerah tropika yang diyakini berasal dari Semenanjung Malaya dan menyebar ke Kepulauan Nusantara. Tumbuh hingga mencapai 7 sampai 25 meter. Buahnya juga disebut manggis, berwarna merah keunguan ketika matang, meskipun ada pula varian yang kulitnya berwarna merah. Buah manggis dalam perdagangan dikenal sebagai “ratu buah”, sebagai pasangan durian, si “raja buah”. Buah ini mengandung mempunyai aktivitas antiinflamasi dan antioksidan. Sehingga di luar negeri buah manggis dikenal sebagai buah yang memiliki kadar antioksidan tertinggi di dunia.

Manggis berkerabat dengan kokam, asam kandis dan asam gelugur, rempah bumbu dapur dari tradisi boga India dan Sumatra.

Manggis sangat dikenal oleh masyarakat karena rasanya dan khasiatnya, Bahkan ada sebuah iklan yang Taglinenya Kabar gembira untuk kita semua, Kulit manggis kini ada Ekstraknya

ini adalah kandungan gizi buah manggis dalam 1 mangkuk (setara 196 gram):

Kalori: 143 kalori 

Karbohidrat: 35 gram 

Serat: 3,5 gram 

Lemak: 1 gram 

 Protein: 1 gram 

Vitamin C: 9 persen dari jumlah kebutuhan vitamin C harian 

Vitamin B9 (asam folat): 15 persen dari jumlah kebutuhan asam folat harian 

Vitamin B1 (tiamin): 7 persen dari jumlah kebutuhan vitamin B1 harian 

Vitamin B2 (riboflavin): 6 persen dari jumlah kebutuhan vitamin B2 harian 

Mangan: 10% dari jumlah kebutuhan mangan harian 

Tembaga: 7% dari jumlah kebutuhan tembaga harian 

Magnesium: 6% dari jumlah kebutuhan magnesium harian 

Vitamin dan mineral dalam manggis di antaranya penting untuk mempertahankan banyak fungsi tubuh, termasuk produksi DNA, kontraksi otot, penyembuhan luka, imunitas, dan pensinyalan saraf.  Selain itu, satu cangkir (196 gram) buah manggis menyediakan hampir 14% dari jumlah kebutuhan serat harian yang baik untuk tubuh. Buah manggis juga termasuk makanan sehat rendah kalori. 

Manfaat Buah manggis

Setelah mengetahui kandungan dari buah manggis selanjutnya kita akan membahas mengenai khasiat buah manggis. Berikut beberapa khasiat dari buah manggis.

Sebagai sumber antioksidan, anti kanker serta antiinflamasi

Buah manggis mengandung zat yang disebut Xanthone yakni senyawa fitokimia yang mengandung zat merah khas dari buah manggis yang memiliki kashiat sebagai antikanker, anti bakteri dan anti inflamasi. Selain itu xanthone juga berpotensi untuk memperkuat sistem imun dan menyehatkan serta mendukung kesehatan mental dan keseimbangan mikroba tubuh dan meningkatkan kelenturan sendi.

Baik untuk ibu hamil atau yang merencanakan kehamilan

Manggis mengandung asam folat tinggi yang sangat baik jika dikonsumsi oleh ibu hamil karena folat diperlukan untuk mencegah terjadinya kelainan tabung saraf pada bayi

Baik untuk pencernaan

Buah manggis adalah makanan yang baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan. Buah manggis mengandung  serat yang sangat penting untuk kesehatan pencernaan, sementara diet tinggi serat dapat membantu meningkatkan keteraturan usus.

Mengontrol kadar gula darah

Kandungan Xanthone dalam buah manggis ternyata ditemukan tidak hanya untuk anti kanker saja, tetapi juga dapat mengontrol kadar gula darah.Ada penelitian yang mengungkapkan bahwa mengonsumsi 400 mg ekstrak manggis setiap harinya mampu menurunkan resistensi insulin secara signifikan. Dimana yang kita tahu resistensi insulin adalah salah satu penyebab utama terjadinya diabetes.

Referensi :

Nurkhasanah, 2013. Khasiat Sakti Buah Manggis, Tumpas Berbagai Penyakit. Jakarta : Dunia Sehat

Wikipedia

slot88 https://international.ui.ac.id/thailand/ https://mbkm.unm.ac.id/wp-content/themes/slot-terpercaya/ https://wcu.usu.ac.id/images/slot-thailand/ https://tanjungbalaikota.go.id/wp-content/themes/slot-terbaru/