Info Sekolah
Sabtu, 13 Apr 2024
  • Selamat Datang di Website SMP BILINGUAL TERPADU - Live Life in a Spiritual Environment. Pesantren Modern al Amanah Junwangi

TOMAT BUAH BAGAIKAN SAYUR

Diterbitkan : - Kategori : Artikel Bebas

Tomat atau rangam (Solanum lycopersicum syn. Lycopersicum esculentum) adalah tumbuhan dari keluarga Solanaceae, tumbuhan asli Amerika Tengah dan Selatan, dari Meksiko sampai Peru. Tomat merupakan tumbuhan siklus hidup singkat, dapat tumbuh setinggi 1 sampai 3 meter. Tumbuhan ini memiliki buah berwarna hijau, kuning, dan merah yang biasa dipakai sebagai sayur dalam masakan atau dimakan secara langsung tanpa diproses. Tomat memiliki batang dan daun yang tidak dapat dikonsumsi karena masih sekeluarga dengan kentang dan terung yang mengadung alkaloid.

Cara menanam tanaman tomat adalah disemai lebih dahulu, setelah tumbuh 4 daun sejati kemudian ditanam (dijadikan bibit terlebih dahulu). Panen dimulai usia 9 minggu setelah tanam selanjutnya setiap 5 hari.

Kata “tomat” berasal dari kata dalam bahasa Nahuatl, tomatl (diucapkan: /tɔ.matɬ/). Salah satu produk buatan hasil olahan tomat yang digemari, yaitu saus tomat. Hampir di berbagai negara memproduksi saus tomat. Saus tomat sendiri banyak dimanfaatkan untuk bumbu tambahan dalam mengolah berbagai masakan. Saus tomat juga dapat disajikan langsung bersama burger, sandwich, dan banyak lagi yang lainnya. Selain untuk tambahan dalam mengolah makanan, tomat juga dapat diolah menjadi jus tomat.

Menurut tulisan karangan Andrew F. Smith “The Tomato in America”, tomat kemungkinan berasal dari daratan tinggi pantai barat Amerika Selatan. Setelah Spanyol menguasai Amerika Selatan, mereka menyebarkan tanaman tomat ke koloni-koloni mereka di Karibia. Spanyol juga kemudian membawa tomat ke Filipina, yang menjadi titik awal penyebaran ke daerah lainnya di seluruh benua Asia. Spanyol juga membawa tomat ke Eropa. Tanaman tomat tumbuh dengan mudah di wilayah beriklim Mediterania.

Selain rasanya yang enak dan cocok diolah menjadi apa saja, tomat juga kaya akan vitamin dan banyak nutrisi lainnya.

Vitamin yang Terkandung dalam Tomat

Ada beberapa vitamin yang terkandung dalam tomat, yaitu:

  • Vitamin C. Satu buah tomat berukuran sedang dapat memenuhi 28 persen kebutuhan vitamin C harian. Vitamin C adalah antioksidan penting yang bisa bantu jaga kekebalan tubuh.
  • Vitamin K1. Vitamin K1 atau phylloquinone punya fungsi penting dalam proses pembekuan darah dan kesehatan tulang.
  • Vitamin B9 (folat). Vitamin B9 atau populer disebut folat sangat penting untuk pertumbuhan jaringan normal dan fungsi sel. 

Berbagai Nutrisi Penting Lainnya

Itu tadi berbagai vitamin yang terkandung dalam tomat. Selain vitamin, buah ini juga memiliki banyak nutrisi penting lain. Termasuk kalium, yang bermanfaat untuk mengontrol tekanan darah dan pencegahan penyakit jantung.

Kandungan air dalam tomat adalah sekitar 95 persen, sedangkan 5 persen lainnya terdiri dari karbohidrat dan serat. Karbohidrat dalam tomat berukuran sedang (123 gram) adalah sekitar 5 gram.

Sementara itu, kandungan serat dalam tomat adalah sekitar 1,5 gram, dari buah tomat yang berukuran sedang. Sebagian besar serat dalam tomat adalah jenis serta tidak larut, berupa hemiselulosa, selulosa, dan lignin.

Selain berbagai vitamin yang terkandung dalam tomat yang tadi dijelaskan, buah ini juga mengandung banyak senyawa penting, seperti:

  • Likopen. Sebuah pigmen merah dan antioksidan, likopen telah lama dipercaya bisa meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.
  • Beta karoten. Ini adalah antioksidan yang sering memberi warna kuning atau oranye pada makanan. Di dalam tubuh, beta karoten diubah menjadi vitamin A.
  • Naringenin. Ditemukan di kulit tomat, flavonoid ini dapat mengurangi peradangan dan melindungi dari berbagai penyakit.
  • Asam klorogenat. Merupakan senyawa antioksidan kuat, yang dapat menurunkan tekanan darah pada pengidap hipertensi.

Manfaatnya bagi Kesehatan Tubuh

Berkat vitamin yang terkandung dalam tomat, dan berbagai nutrisi lainnya, tak heran jika buah ini punya banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Berikut ini beberapa manfaat tomat untuk kesehatan yang perlu diketahui:

1. Menjaga Kesehatan jantung

Penyakit jantung adalah penyebab kematian paling umum di dunia. Kandungan kalium dapat membantu memelihara kesehatan jantung. Selain itu, likopen dalam buah ini juga dapat membantu menurunkan kolesterol jahat, yang menjadi salah satu faktor risiko penyakit jantung.

2. Membantu Mencegah Kanker

Kanker adalah pertumbuhan sel abnormal yang tidak terkendali dan bisa menyebar di dalam tubuh. Kandungan antioksidan yang tinggi dalam buah tomat, diyakini mampu menurunkan risiko kanker. Namun, penelitian lebih lanjut mengenai ini masih diperlukan.

3. Menjaga Kesehatan Kulit

Seperti dijelaskan tadi, vitamin C adalah salah satu vitamin yang terkandung dalam tomat. Vitamin ini telah lama diyakini bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit. 

Itulah pembahasan mengenai vitamin yang terkandung dalam tomat, nutrisi penting lainnya, dan manfaat kesehatan yang bisa didapatkan. Dapat diketahui bahwa buah ini sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh karena kaya akan nutrisi.

Ada lebih dari 7.500 jenis tomat yang ada di seluruh dunia. Namun, yang umum diperjual belikan di Indonesia secara komersial setidaknya ada lima.

1. Tomat Biasa

Image : www.sciencedaily.com

Tomat biasa lebih dikenal sebagai tomat sayur, dan mudah sekali ditemukan di pasar. Bentuknya tidak teratur, bisa bulat atau sedikit lonjong.

Kandungan asam sitrat pada tomat membuatnya menjadi penyedap alami untuk olahan-olahan sayur. Teksturnya yang lembut tidak akan merusak tekstur sayuran anda, khususnya pada sayuran berkuah.

2. Tomat Apel

Image : www.compiko.info

Tomat Apel berbentuk bulat seperti buah apel dan teksturnya padat. Jenis tomat ini cenderung manis, sehingga cocok dijadikan sebagai jus.

Meski demikian, anda juga pasti sering menemukan tomat ini pada sajian salad, atau dalam isian burger. Karena itulah tomat apel juga dijuluki slicing tomatoes. Teksturnya yang padat menjadikan tomat apel sangat cocok untuk kedua hidangan tersebut.

3. Tomat Gondol

Image : gugge.dk

Tomat gondol berbentuk agak lonjong dan keras. Tomat ini sering dijadikan campuran masakan, dan mudah ditemukan di pasar.
Kulitnya tebal, dapat disimpan lebih lama, dan tahan pengangkutan jarak jauh. Karena itulah tomat ini sering dipilih sebagai pengganti tomat sayur.

4. Tomat Hijau

Image : gazybrothersfarm.net

Dari namanya sudah ketahuan, ya. Tomat ini tentu berwarna hijau. Teksturnya agak keras karena sedikit kandungan air.
Sebenarnya tomat ini adalah tomat yang dipanen sebelum matang, lho. Tomat hijau biasa digunakan sebagai bahan tumisan dan sayuran berkuah karena dapat membuat rasa masakan asam segar.

5. Tomat Ceri

Image : www.differencebetween.net

Tomat ceri berbentuk bulat kecil seperti buah ceri. Warna tomat ini oranye kemerahan atau merah terang.
Rasa tomat ceri cukup manis dan mengandung cukup banyak air. Umumnya tomat ceri digunakan sebagai pelengkap salad, atau dimakan dalam keadaan segar.

https://id.wikipedia.org/wiki/Tomat

https://www.halodoc.com/artikel/berbagai-vitamin-yang-terkandung-dalam-tomat

https://resepkoki.id/mengenal-jenis-jenis-tomat-di-pasaran/

slot88 https://international.ui.ac.id/thailand/ https://mbkm.unm.ac.id/wp-content/themes/slot-terpercaya/ https://wcu.usu.ac.id/images/slot-thailand/ https://tanjungbalaikota.go.id/wp-content/themes/slot-terbaru/