SMP Bilter, 12 Agustus 2023 – Sebanyak 120 guru SMP Bilter mengikuti pelatihan yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam mendampingi siswa dalam proses pembelajaran. Pelatihan ini didasarkan pada hasil tes psikologi yang dilakukan sebelumnya.
Pelatihan ini diadakan pada hari Sabtu, 12 Agustus 2023, di aula utama SMP Bilter. Dalam pelatihan ini, para guru diberikan pengetahuan dan keterampilan baru dalam memahami dan mengatasi berbagai tantangan yang dihadapi siswa dalam proses belajar-mengajar.
Hasil tes psikologi yang dilakukan sebelumnya bertujuan untuk mengidentifikasi kebutuhan dan karakteristik siswa secara individu. Dengan memahami karakteristik siswa, guru dapat lebih efektif dalam memberikan bimbingan dan dukungan yang sesuai dengan kebutuhan mereka.
Pelatihan ini dipandu oleh seorang ahli psikologi pendidikan yang berpengalaman. Para guru diberikan pemahaman mendalam tentang berbagai aspek psikologi yang berhubungan dengan pembelajaran, seperti motivasi, kecerdasan emosional, dan gaya belajar siswa.
Selain itu, para guru juga diajarkan strategi dan teknik mendampingi siswa dalam proses pembelajaran. Mereka diberikan contoh kasus nyata dan diberikan kesempatan untuk berdiskusi dan berbagi pengalaman dengan sesama guru.
Kepala sekolah SMP Bilter, menyatakan bahwa pelatihan ini merupakan langkah penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah. “Dengan memahami karakteristik siswa secara individu, guru dapat memberikan pendekatan yang lebih personal dan efektif dalam proses pembelajaran. Kami berharap pelatihan ini akan memberikan manfaat yang besar bagi guru-guru kami dan siswa-siswa kami,” ujarnya.
Pelatihan ini juga sejalan dengan upaya SMP Bilter dalam mengoptimalkan penggunaan teknologi dalam proses pembelajaran. Dengan memanfaatkan hasil tes psikologi dan pengetahuan yang diperoleh dari pelatihan ini, guru dapat menggunakan teknologi dengan lebih efektif untuk mendukung pembelajaran siswa.
Diharapkan, setelah mengikuti pelatihan ini, para guru SMP Bilter akan mampu memberikan pendampingan yang lebih baik kepada siswa dalam proses pembelajaran. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa secara keseluruhan.