Info Sekolah
Senin, 22 Jul 2024
  • Sekolah Berbasis Pesantren dengan Pendidikan 24 Jam, dibawah naungan Pesantren Modern alAmanah Junwangi
  • Sekolah Berbasis Pesantren dengan Pendidikan 24 Jam, dibawah naungan Pesantren Modern alAmanah Junwangi

Bangkitkan Jiwa Wirausaha Santri pada Kegiatan P5 “Sadar Bisnis”.

Terbit : Minggu, 28 Januari 2024 - Kategori : Kegiatan Sekolah

Kegiatan produksi makanan dan minuman dalam rangkaian kegiatan P5 di SMP Bilter 1&2 sukses dilaksanakan pada tanggal 10-11 Januari 2024 di halaman sekolah. Kegiatan tersebut bertujuan untuk menumbuhkan jiwa Sadis (Sadar Bisnis) bagi seluruh santri kelas VII. Kegiatan ini berfokus pada pembuatan produk makanan dan minuman. Tujuan utama kegiatan ini adalah untuk meningkatkan ide kreatif di bidang kewirausahaan, melatih mental dan karakter yang kuat, serta menjadi sarana untuk menunjukkan dan mengembangkan talenta atau bakat dalam bidang kewirausahaan.

Alur pelaksanaan kegiatan ini dimulai dengan tahap pengenalan dan penggalian ide tentang kewirausahaan. Seluruh santri kelas VII SMP Bilter 1&2 bersemangat dalam menghasilkan ide-ide inovatif dan kreatif untuk perencanaan bisnis mereka. Setelah itu, mereka melakukan filtrip dan wawancara bersama narasumber untuk mendapatkan pandangan yang lebih mendalam tentang dunia bisnis.

Proses selanjutnya yakni persiapan pembuatan produk sesuai dengan perencanaan yang telah dibuat. Para santri dengan antusias menerapkan konsep kreatif mereka dalam proses produksi, yang mencakup berbagai produk makanan dan minuman yang menarik. Setelah produk jadi, dilakukan pengemasan produk untuk meningkatkan daya tarik pembeli. Seluruh santri terlibat aktif dalam proses ini, menunjukkan kerjasama dan semangat gotong royong yang tinggi.

Puncak acara dilakukan pada hari terakhir kegiatan dengan digelarnya bazar pada momen parents day. Halaman SMP Bilter 1&2 berubah seperti pasar kecil yang ramai oleh pengunjung yang berminat dengan produk-produk kreatif hasil karya para santri. Penjualan produk tidak hanya menjadi bukti keberhasilan dari segi bisnis, tetapi juga menjadi kesempatan bagi santri untuk menunjukkan dan mengembangkan bakat mereka.

SMP Bilingual Terpadu