Info Sekolah
Senin, 22 Jul 2024
  • Sekolah Berbasis Pesantren dengan Pendidikan 24 Jam, dibawah naungan Pesantren Modern alAmanah Junwangi
  • Sekolah Berbasis Pesantren dengan Pendidikan 24 Jam, dibawah naungan Pesantren Modern alAmanah Junwangi

AKSI BERGIZI DI PESANTREN (Kolaborasi Kreatif antara Dinkes Sidoarjo dengan SMP Bilingual Terpadu)

Terbit : Minggu, 5 November 2023 - Kategori : Kegiatan Sekolah

Glowing Alami
Cantik Berseri
Wajah cantik alami
Glowing berseri sepanjang hari
Dengan rutin konsumsi
Tablet Tambah Darah

Lirik jingle di atas menggema di Pesantren Modern al-Amanah pada jumat pagi (27/10/2023) saat ratusan santri putri SMP Bilingual Terpadu dengan begitu semangat melakukan senam Aksi Bergizi di Pesantren. Acara ini merupakan hasil kolaborasi apik antara Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo dengan SMP Bilingual Terpadu pesantren Modern al-Amanah. Program Aksi Bergizi merupakan program yang rutin diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan Sidoarjo setiap tahunnya. Biasanya program ini digelar di sekolah-sekolah umum, semisal SMPN atau SMAN. Tahun ini Dinkes Sidoarjo ingin mengembangkan program Aksi Bergizi di kalangan santri yang tinggal di pesantren dan dipilihlah SMP Bilingual Terpadu yang merupakan sekolah berbasis pesantren sebagai pilot project Aksi Bergizi di Pesantren. Hal ini tentu saja merupakan kehormatan dan kesempatan emas bagi kami. Dan kami tidak ingin menyia-nyiakan kepercayaan yang diberikan kepada kami. Oleh karena itu panitia berjibaku dengan penuh semangat untuk mensukseskan acara ini. Seluruh santri putri kita latih untuk menghafal gerakan senam Tablet Tambah Darah selama tiga hari. Dan penampilan tari kombinasi persembahan dari santri putri pun kita siapkan dengan matang.
Hasilnya seluruh peserta kegiatan, khususnya para tamu undangan begitu terpesona oleh penampilan para santri putri.
Kegiatan yang sangat istimewa ini diawali dengan senam bersama, kemudian dilanjutkan dengan sarapan bersama dengan menu bergizi. Setelah itu acara dilanjutkan dengan penyuluhan tentang pentingnya mengkonsumsi tablet tambah darah secara rutin.
Setelah penyuluhan acara seremonial pun dimulai yaitu diawali dengan sambutan dari pihak pesantren, yang diwakili oleh Gus Muhammad Ulil Albab, S.Pd.I. Kemudian dilanjut sambutan dari Kepala Dinas Kesehatan Kab. Sidoarjo, Dr. Fenny Apridawati, S.KM, M.Kes, yang sekaligus mewakili Bupati Sidoarjo, Gus Muhdhor yang berhalangan hadir.

Kegiatan ini tidak hanya diikuti oleh santri putri SMP Bilingual Terpadu saja, melainkan diikuti oleh seluruh siswi tingkat SMP dan SMA di Sidoarjo via zoom meeting dan livestreaming yang didukung penuh oleh Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kab. Sidoarjo.
Para tamu undangan yang hadir pun merupakan para pimpinan daerah Sidoarjo, yaitu Kepala Dinas Pendidikan Sidoarjo, Kepala Dinas Kesehatan Sidoarjo, Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Sidoarjo, Kemenag Sidoarjo, Ketua PCNU, Ketua PP Muhammadiyah Sidoarjo, Ketua LDII Sidoarjo, Camat Krian, dan Kepala Puskesmas Krian.

Semoga dengan terselenggaranya kegiatan Aksi Bergizi di Pesantren ini seluruh santri putri di Sidoarjo memiliki kesadaran yang tinggi akan pentingnya menjaga kesehatan melalui sarapan dengan menu yang bergizi, olahraga yang teratur, dan mengkonsumsi tablet tambah darah secara rutin, satu minggu sekali. Amin. (A.M.S)

SMP Bilingual Terpadu