Info Sekolah
Senin, 22 Jul 2024
  • Sekolah Berbasis Pesantren dengan Pendidikan 24 Jam, dibawah naungan Pesantren Modern alAmanah Junwangi
  • Sekolah Berbasis Pesantren dengan Pendidikan 24 Jam, dibawah naungan Pesantren Modern alAmanah Junwangi

SAS Berbasis IT: Wadah Pembelajaran Karakter Positif

Terbit : Jumat, 19 Januari 2024 - Kategori : Kegiatan Sekolah

SMP Bilingual Terpadu dan SMP Bilingual Terpadu 2 secara serempak menggelar Sumatif Asesmen Semester 1 (SAS) berbasis IT yang dimulai dari tanggal 4 Desember hingga 11 Desember 2023. Agenda ini sudah menjadi rutinitas wajib yang dilaksanakan setiap tahun. Dengan menggunakan tablet dan laptop masing-masing, peserta didik mengerjakan setiap soal dari beberapa mata pelajaran yang diujikan.

Teknologi semakin maju dan salah satu bidang yang sangat terimbas dalam adabtasi kemajuan ini adalah bidang pendidikan. Pelaksanaan SAS berbasis IT dipilih bukan sekadar sebagai bentuk adaptasi kemajuan teknologi. Di baliknya, banyak pembelajaran karakter yang dapat dipetik oleh semua peserta didik. Apalagi peserta didik SMP Bilingual Terpadu dan SMP Bilingual Terpadu 2 adalah santri yang mukim di pesantren yang notabene aturan penggunaan perangkat elektronik dan media IT sangatlah ketat, tentunya pelaksanaan SAS berbasis IT ini diharapkan tidak mereka jadikan kesempatan untuk bermain aplikasi selain aplikasi ujian. Karakter tersebut di antaranya bijak dalam pemanfaatan teknologi, kemandirian, kejujuran, dan disiplin. Bagaimana menggunakan IT dengan baik dan tetap fokus pada pada soal ujian serta tidak mencuri kesempatan membuka yang lain merupakan wujud karakter bijak berteknologi. Tidak mencontek pekerjaan teman atau mencari jawaban di google, dan hanya percaya dengan kemampuan sendiri apapun hasilnya merupakan wujud karakter kejujuran dan kemandirian. Tidak terburu-buru mengerjakan soal dan tetap patuh terhadap SOP SAS merupakan wujud karater disiplin.

Itulah beberapa karakter positif yang dapat dipetik dari pelaksanaan SAS berbasis IT ini. Dengan menanamkan nilai-nilai seperti bijak menggunakan teknologi, kemandirian, kejujuran, dan disiplin, semoga peserta didik dapat menghadapi tantangan teknologi dengan sikap yang positif dan bertanggung jawab. SMR.

SMP Bilingual Terpadu