Info Sekolah
Sabtu, 13 Apr 2024
  • Selamat Datang di Website SMP BILINGUAL TERPADU - Live Life in a Spiritual Environment. Pesantren Modern al Amanah Junwangi

MANGGA, MUSIMNYA DINANTIKAN SEMUA ORANG

Diterbitkan : - Kategori : Artikel Bebas

Mangga atau mempelam adalah nama sejenis buah, demikian pula nama pohonnya. Mangga termasuk ke dalam genus Mangifera, yang terdiri dari 35-40 anggota dari famili Anacardiaceae.

Nama “mangga” berasal dari bahasa Tamil, mankay, yang berarti man “pohon mangga” + kay “buah”.Kata ini dibawa ke Eropa oleh orang-orang Portugis dan diserap menjadi manga (bahasa Portugis), mango (bahasa Spanyol dan Inggris) dan lainnya.

Mangga berasal dari daerah di sekitar perbatasan India dengan Burma, dan mangga telah menyebar ke Asia Tenggara sekitar 1500 tahun yang silam.Buah ini dikenal pula dalam berbagai bahasa daerah, seperti pêlêm atau poh (Jw.), Poh (Bl.), dan Paok (Sas.)

Taksonomi

Kerajaan          Plantae
Kelas               Magnoliopsida
Ordo                Sapindales
Famili              Anacardiaceae
Genus              Mangifera
Spesies             M. indica

Morfologi

1. Batang & Akar

Tanaman mangga termasuk kelompok pohon besar, tingginya mencapai 35 meter sampai 40 meter. Namun pada kultivar atau varietas tertentu ada pohon mangga yang sengaja dikembangan agar tumbuh pendek dan berbuah banyak.

Pohon mangga adalah tanaman berumur panjang, bahkan beberapa spesiesnya dapat berbuah hingga umur 300 tahun. Akarnya mampu tumbuh ke dalam tanah hingga mencapai kedalaman 6 meter dan akar cabang menyebar ke samping.

2. Daun

Mangga termasuk tanaman evergreen sehingga daunnya tetap hijau sepanjang tahun. Bentuk daunnya sederhana dengan ukuran panjang 15 cm hingga 35 cm, serta lebar 6 cm sampai 16 cm.

Saat masih muda, daunnya berwarna jingga dengan semburat merah muda, kemudian dengan cepat berubah menjadi warna merah gelap yang berkilau, kemudian menjadi warna hijau tua saat dewasa.

3. Bunga

Pohon mangga menghasilkan bunga yang tumbuh di cabang-cabang pohonnya. Ukuran bunganya kecil, sekitar 5 mm sampai 10 mm. Bunga mangga berwarna putih dan beraroma lembut. Mangga memiliki 5 buah kelopak bunga.

4. Buah Mangga

Pada umumnya, buah mangga matang di saat musim panas atau kemarau. Buah mangga butuh waktu sekitar 5 bulan dari masa berbunga hingga tumbuh menjadi buah yang matang. Buah mangga sangat bervariasi dalam hal ukuran, warna, bentuk, tingkat kemanisan, dan kualitas untuk dikonsumsi. Hal tersebut bergantung dari kultivar yang ditanam.

Pada umumnya, warna kulit buah mangga adalah hijau, oranye, kuning, dan merah. Di Indonesia, buah mangga yang banyak dijual di pasaran adalah mangga berkulit hijau. Bentuk buah mangga umumnya agak lonjong, menyerupai bentuk ginjal atau kacang, namun ada juga yang berbentuk bulat. Ukurannya bervariasi, antara 5 cm sampai 25 cm dengan berat sekitar 140 gram hingga 2 kg per buahnya.

Kulit buah mangga lembut, halus dan harum. Jika telah benar-benar matang, kulit mangga mengeluarkan aroma yang khas dan semakin harum.

5. Biji

Di dalam daging buah mangga terdapat 1 biji besar, ukurannya sekitar 4 cm sampai 7 cm. Biji tersebut berguna sebagai bibit tanaman mangga. Untuk hasil penanaman terbaik, sebaiknya gunakan biji mangga yang diperoleh dari buah mangga yang telah matang.

Penyebaran

Pohon mangga telah dibudidayakan di Asia Selatan sejak ribuan tahun yang lalu, hingga akhirnya tersebar ke Asia Tenggara pada abad ke-5 dan 4 SM. Sementara di Afrika Timur, budidaya pohon mangga telah dimulai sejak abad ke-10 SM.

Hal ini dicatat oleh seorang penjelajah dari Maroko, bernama Ibnu Battuta pada abad ke-14. Pohon mangga kemudian mulai menyebar hingga ke Brazil, Bermuda, Hindia Barat, dan Meksiko. Di wilayah-wilayah tersebutlah mangga tumbuh dengan baik karena iklimnya yang sesuai.

Saat ini, mangga banyak ditanam di seluruh negara tropis dan subtropis yang tidak memiliki musim dingin ekstrim. Setengah dari mangga yang ada di dunia berasal di India. Kemudian disusul oleh China sebagai produsen mangga terbesar kedua di dunia.

Pohon mangga juga dibudidayakan di Andalusia, Spanyol, terutama di provinsi Malaga. Kawasan pesisir provinsi ini memiliki iklim subtropis dan merupakan satu dari sedikit wilayah di Eropa yang bisa digunakan untuk membudidayakan tanaman dan buah tropis. Kepulauan Canary adalah tempat lain di Eropa yang juga dapat ditanami mangga.

Negara lainnya yang juga membudidayakan pohon mangga antara lain Amerika Tengah, Kepulauan Karibia, Hawaii, Afrika Tengah, Selatan dan Barat, Australia, China, Korea Selatan, Pakistan, Bangladesh, serta negara-negara Asia Tenggara.

Meskipun India memproduksi mangga terbanyak di dunia, namun sebagian besar untuk mencukupi kebutuhan lokal. Hanya sekitar 1% yang diekspor ke negara-negara lain.

Habitat

Habitat Mangifera indica L berdasarkan pengamatan adalah di dataran rendah dengan jarak mata air 100 meter, keadaan tanahnya subur dan juga gembur. Tanaman Mangga dapat tumbuh dan berproduksi di daerah tropik maupun sub-tropik

Manfaat

Manfaat Mangga untuk Kesehatan

1. Menjaga Kesehatan Rambut dan Kulit
2. Membantu Menurunkan Tekanan Darah
3. Mangga Bermanfaat untuk Kesehatan Mata
4. Meredakan Sembelit
5. Membantu Mengurangi Risiko Sakit Jantung
6. Menurunkan Berat Badan

Manfaat Mangga untuk Kuliner dan Masakan

1. Buah Segar
2. Jus Mangga
3. Mangga Olahan

Kandungan Nutrisi

Buah mangga pada dasarnya merupakan golongan buah rendah kalori. Dalam satu buah mangga hanya terkandung sekitar 100–110 kalori. Kendati demikian, buah ini kaya akan antioksidan (polifenol dan beta karoten) dan sejumlah nutrisi lain yang bermanfaat bagi kesehatan.

Dalam 1 buah mangga, terkandung aneka nutrisi berikut ini:

  • 1,5–2 gram serat
  • 15 gram karbohidrat
  • 1–1,5 gram protein
  • 55–60 mikrogram vitamin A
  • 35–60 mg vitamin C
  • 9 mg vitamin E
  • 40–45 mikrogram folat
  • 10–15 mg kalsium
  • 10–15 mg magnesium
  • 200 mg kalium
  • 14–20 mg fosfor

https://id.wikipedia.org/wiki/Mangga

https://dlh.probolinggokab.go.id/mangga/

slot88 https://international.ui.ac.id/thailand/ https://mbkm.unm.ac.id/wp-content/themes/slot-terpercaya/ https://wcu.usu.ac.id/images/slot-thailand/ https://tanjungbalaikota.go.id/wp-content/themes/slot-terbaru/