Info Sekolah
Minggu, 05 Des 2021
  • Selamat Datang di Website SMP BILINGUAL TERPADU - Live Life in a Spiritual Environment

In House Training, Asah Guru Menjadi Guru Berkompeten

Diterbitkan :

Guru adalah ujung tombak dunia pendidikan. Karenanya, guru harus terus belajar dan mengasah diri. Guru dapat belajar melalui berbagai cara seperti berdiskusi dengan teman sejawat, memperbanyak membaca, mengambil kursus atau menempuh pendidikan yang lebih tinggi, belajar dari orang yang dianggap ahli dalam bidangnya, bahkan guru juga bisa belajar dari para peserta didik. Guru tidak boleh cepat merasa puas terhadap ilmu yang dimiliki karena ilmu pengetahuan terus berkembang seiring kemajuan teknologi yang semakin pesat. Apalagi, hal itu juga didukung oleh perubahan kurikulum yang terus dievaluasi.

Saat ini, perubahan yang dirasakan sebagai imbas dari evaluasi dunia pendidikan adalah penghapusan UNBK dan menggantinya dengan ANBK karena UN dinilai hanya memfokuskan pada kemampuan kognitif peserta didik semata sebab soal yang diberikan masih sebatas pada konsep dan tidak melibatkan permasalahan yang terjadi pada realitas sosial. Padahal, tantangan dunia global di masa mendatang tidak cukup hanya mengandalkan seseorang yang hanya pandai secara teori tetapi juga memiliki kepekaan dalam menyelesaikan setiap masalah atau karakter problem solfing. Oleh karena itu, guru sebagai ujung tombak pendidikan dituntut harus bisa dan menguasai soal-soal AKM yang diujikan di ANBK.

Berlatarbelakang hal itulah SMP Bilingual Terpadu 1 dan SMP Bilingual Terpadu 2 menggelar acara IHT sebagai wadah agar guru bisa belajar dan mengasah diri dalam pembuatan soal AKM dengan mendatangkan narasumber dari Universitas Negeri Surabaya yaitu Ibu Dr. Endah Budi Rahayu, M.Pd.. Selain sebagai dosen di Fakultas MIPA, beliau menjabat sebagai Sekretaris Pusat Studi Bidang Literasi UNESA. Beliau juga salah satu dosen yang terlibat dalam pembuatan soal AKM yang digunakan pada ANBK tahun ini.

IHT dilaksanakan 2 sesi dengan waktu yang berbeda. Sesi pertama pada hari Sabtu, 8 Oktober 2021. Pada sesi ini, Ubu Endah memberikan konsep literasi, bagaimana membuat soal AKM yang baik, dan contoh-contoh soal AkM serta pemberian tagihan pembuatan soal AKM yang harus dikumpulkan pada sesi 2. Sedangkan di sesi 2 yang berlangsung pada tanggal 19 Oktober 2021, Ibu Endah membahas satu-persatu soal AKM yang dibuat oleh para guru perwakilan MGMP masing-masing mapel. Dari IHT ini, para guru SMP Bilter mendapat banyak sekali wejangan dan ilmu yang sangat bermanfaat untuk diterapkan dalam pembelajaran khususnya dalam pembuatan soal. SMR.

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar