Info Sekolah
Kamis, 06 Okt 2022
  • Selamat Datang di Website SMP BILINGUAL TERPADU - Live Life in a Spiritual Environment

Kemah Galang 2021 Diharapkan Dapat Membentuk Pribadi Unggul dan Berkualitas

Diterbitkan : - Kategori : Kegiatan Sekolah

Pramuka merupakan proses pendidikan yang dilakukan di luar lingkungan sekolah dan di luar lingkungan keluarga dalam bentuk kegiatan yang menarik, menyenangkan, sehat, teratur, terarah, dan praktis yang dilakukan di alam terbuka dengan prinsip dasar dan metode kepramukaan yang bertujuan untuk membentuk watak peserta didik. Pada dasarnya kegiatan Kepramukaan memiliki tujuan untuk melatih generasi muda agar memaksimalkan setiap potensi yang ada di dalam dirinya, baik itu intelektual, spiritual, sosial, dan fisik.


Kemah Galang 2021 adalah sebuah agenda kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Pramuka Al-Amanah untuk jenjang pramuka penggalang SMP Bilingual Terpadu. Kegiatan ini melibatkan langsung anggota Dewan Galang, Kopastral, serta para pembina maupun pembantu pembina. Dengan tema tahun ini yaitu “Menjadi Santri yang Berkualitas dan Berintegritas bersama Pramuka Al-Amanah”.


Untuk merealisasikan tujuan utama tersebut dan membantu membentuk karakter para santri di Pondok Pesantren Al-Amanah, maka diselenggarakanlah acara perkemahan khusus penggalang dua hari satu malam selama dua kali yakni tanggal 6-7 Oktober 2021 untuk putra dan tanggal 13-14 Oktober 2021 untuk putri.


Di hari pertama, acara dimulai dengan upacara pembukaan yang dihadiri oleh seluruh dewan asatidz dan ustadzah SMP Bilingual Terpadu. Kemudian dilanjut dengan kegiatan mendirikan tenda per regu, lomba bowling dart, dan lomba pioneering tiang bendera. Setelah itu ishoma, sholat berjamaah di Aula SMP Bilter 2 dan dilanjutkan dengan lomba memasak dan PBB. Malam harinya kami mengadakan acara api unggun dan pentas seni. Tak lupa renungan malam oleh Kak Musafa.


Hari kedua diawali dengan giat pagi yaitu senam yang dipimpin oleh Kak Faliq dan Kak Jabar. Sembari panitia mempersiapkan berbagai fun games dan lomba untuk penjelajahan. Kemudian para panitia baik dari anggota Kopastral maupun pembina menuju pos masing-masing untuk mengkondisikan jalannya kegiatan agar tidak terjadi hal-hal yang tak diinginkan. Masing-masing regu pun berangkat dari bumi perkemahan dengan meneriakkan yel-yel dan jargon dari regu mereka. Di pos satu terdapat lomba panahan dengan tiap regu mengeluarkan tiga orang perwakilan, selanjutnya pos dua dengan fun games quiz jargon, pos tiga yang dijaga oleh Kak Mufti dengan lomba ketangkasan regu. Terakhir di pos finish terdapat Kim yang di pegang oleh Kak Yeni. Setelah berbagai kegiatan, ishoma dan membongkar tenda. Pembagian hadiah diumumkan dengan ketentuan juara per mata lomba, juara regu terbaik 1, 2, 3, juara umum, dan andika terbaik.


Demikian deskripsi kegiatan selama dua hari satu malam untuk Kemah Galang 2021. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini, para santri pramuka penggalang dapat menjadi pribadi yang unggul, berkualitas, serta dapat menerapkan Dasadharma dan Trisatya sebagaimana seorang pramuka sejati juga 7 Kewajiban Santri dan Panca Jiwa Santri sebagai pedoman dalam bersikap dan bermasyarakat

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar